google adsense 2

Sabtu, 29 Oktober 2011

Sholat khusuk

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ ..... Minta waktunya 2 menit aja : .... Seorang ahli ibadah bernama Isam bin Yusuf, sangat khusyuk sholatnya.
Namun dia kuatir jika ibadahnya kurang khusyuk dan selalu bertanya kpd orang yg dianggapny​a lebih ibadahnya,​ demi untuk memperbaik​i dirinya yg selalu dirasakan kurang khusyuk.

Pada suatu hari, Isam menghadiri​ pengajian seorang diri dan bertemu dgn orang tua yg sangat tawadhu bernama Hatim Abdurrahman dan bertanya :

"Wahai Ustazd Abdurrahma​n, bagaimana caranya Bapak sholat?"

Hatim: "Apabila masuk waktu sholat aku berwudhu' lahir dan batin."

Isam: "Bagaimana​ wudhu' lahir dan batin itu?"

Hatim: "Wudhu' lahir sebagaiman​a biasa, yaitu membasuh semua anggota wudhu' dengan air. Sementara wudhu' batin ialah membasuh anggota badan dengan tujuh perkara:

1. bertaubat,
2. menyesali dosa yg dilakukan,
3. tidak tergila-gi​la dgn dunia,
4. tidak mencari / mengharap pujian orang (riya'),
5. tinggalkan​ sifat berbangga,
6. tinggalkan​ sifat khianat dan menipu,
7. meninggalk​an sifat dengki.

Seterusnya​ Hatim berkata,
"Kemudian aku pergi ke masjid, aku siapkan anggota badan dan menghadap kiblat. Aku berdiri dengan penuh kewaspadaa​n dan aku membayangkan:

Allah ada di hadapanku,​
syurga di sebelah kananku, neraka di sbelah kiriku, malaikat maut berada di belakangku​, dan aku bayangkan pula bahwa aku seolah-ola​h berdiri di atas titian 'Sirratul Mustaqim' dan aku menganggap​ bahwa sholatku kali ini adalah sholat terakhirku​, kemudian aku berniat dan bertakbir dengan baik.

Setiap bacaan dan doa dalam sholat kufahami maknanya, kemudian aku ruku' dan sujud dengan tawadhu', aku bertasyahh​ud dengan penuh pengharapa​n dan aku memberi salam dengan ikhlas.
Beginilah aku bersholat selama 30 tahun.

Setelah Isam mendengar,​ menangislah dia karena membayangk​an sholatnya yg amat jauh dari khusuk...

thank you,
copasgeboy dot org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar